Pages

Sabtu, 23 Mei 2015

Review Non-fiksi : Smardiary Fisika SMP Kelas 7,8,9 by Wijaya Kurnia Santoso



Judul : Smartdiary Fisika SMP Kelas 7, 8, 9
Penulis : Wijaya Kurnia Santoso
Jumlah Halaman : iv + 232 hlm.
Penerbit : Tangga Pustaka
Cover Designer : Yulai Tse
Tahun : 2014
Harga : Buntelan April
ISBN : 978-979-083-092-9

            Fiuh! Akhirnya buntelan yang ditunggu berminggu-minggu ini sampai juga. Saya yakin saya adalah orang terakhir yang me-review buku dari buntelan yang sama. Hehe...
            Bertemu bacaan yang berhubungan dengan Fisika seolah menjadi pengobat rindu sekaligus mengoyak luka lama. Zaman SMA dulu, Fisika memang menjadi mata pelajaran favorit saya, bahkan tanpa disuruh saya dengan suka hati mengerjakan semua latihan soal Fisika di buku persiapan UN beserta cara penyelesaiannya. Ya, saya memang cinta mati sama ilmu yang penuh rumus-rumus alfabetik ini. Sayangnya, kisah kasih saya dengan Fisika berakhir seiring dengan lulusnya saya dari bangku SMA. Alih-alih mengambil jurusan Fisika murni atau Pendidikan Fisika saat kuliah, saya justru terdampar di English Department. If the fate works, no one can interfere!
            Empat tahun tak bersentuhan dengan Fisika membuat saya ragu bisa paripurna me-review buku yang jelas jauh beda dengan me-review buku-buku fiksi. Syukurnya, dugaan saya tidak terwujud namun juga tidak sepenuhnya salah karena di beberapa bagian saya sudah lupa sama sekali dengan cara penyelesaian soal-soal latihan walaupun sudah ditelaah berulang-ulang.
            Tanpa berpanjang lebar, inilah my first non-fiction review!
            Secara fisik, buku ini bisa dibilang buku saku karena ukurannya yang cukup kecil. Dan oleh karena itu pula lah pembahasan di dalam buku ini tidak mendetail. Secara appearance, buku bersampul pink ini punya penampilan yang simple tapi menarik. Layout isi yang hanya berupa sentuhan warna pink juga cukup ampuh untuk mengusir rasa bosan jika sedang jenuh-jenuhnya memikirkan soal yang tidak kunjung terselesaikan. Oh ya, saya juga suka dengan jenis kertas yang dipakai. Saya juga tidak tahu sih ini jenis kertas apa, yang jelas ini jenis kertas yang dipakai oleh novel-novel sekarang. Yang ringan dan berwarna agak kecokelatan.
            Smartdiary Fisika ini berisi 17 bab. Tiap bab berisi rumus-rumus sesuai pembahasan dan beberapa contoh soal beserta penyelesaiannya. Dan tentu saja, karena ini buku penunjang, maka juga disediakan soal-soal latihan beserta kunci jawaban meskipun tidak disertai cara penyelesaian.
            Setelah mengulik-ulik isi dari buku ini, saya berhasil mengumpulkan beberapa kekeliruan yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk revisi cetakan berikutnya.
            Pertama, di halaman 4 contoh soal no 1. Di sana tertera bahwa jawaban yang benar adalah A untuk soal pasangan besaran dan satuan yang sesuai dalam Sistem Internasional. Massa Jenis dengan satuan kg/m3 memang adalah jawaban yang benar, tetapi jika diteliti lagi, Kuat Arus dengan satuannya ampere juga termasuk pasangan besaran dan satuan dalam Sistem Internasional, sehingga jawaban dari contoh soal no 1 seharusnya ada dua yaitu A dan D.
            Kedua, untuk kasus contoh soal no 2 dan 3 di halaman 5 dan 6 sebenarnya bukan masalah kesalahan namun hanya penyusunan redaksi kalimat soal yang agak ribet dimengerti. Susah juga sih untuk membuat perintah yang lebih simpel dengan maksud yang sama karena kedua contoh soal ini meminta penjawab untuk menjawab dua pertanyaan sekaligus.


            Ketiga, lompat ke bab dua. Di bab tentang PENGUKURAN ini ada empat macam pengukuran yang dibahas yaitu yang menggunakan jangka sorong, mikrometer sekrup, gelas ukur, dan neraca. Hanya saja, untuk jangka sorong dan mikrometer sekrup tidak disediakan contoh soal penyelesaiannya sementara sepengalaman saya, membaca pengukuran yang menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup agak ribet. Perlu penjelasan secara mendetail. Saya saja bahkan sampai menyediakan catatan-catatan kecil di samping contoh penyelesaian soal pengukuran jangka sorong dan mikrometer sekrup tersebut.
            Keempat, di hal 19, entah kenapa ada tiga soal yang berbahasa Inggris yaitu soal no 5, 6, dan 7. Entah karena tiga soal ini tercatut begitu saja dari sumber lain atau bisa juga karena disengaja. Kalaupun disengaja, sama sekali tak disinggung sebelumnya kalau buku ini bilingual.

            Kelima, di halaman 26, ada rumus tentang suhu yang nyasar di pembahasan soal tentang pengukuran menggunakan neraca.

            Keenam, di halaman 35 untuk soal no 3, saya yakin seyakin-yakinnya kalau kunci jawaban yang diberikan salah.
            Mari berhitung bersama,
            Suhu sebuah benda diukur dengan termometer Farenheit menunjuk angka 86 derajat F. Maka bila diukur dengan termometer Celcius menunjuk angka...
a.      20              b. 24                c. 30                d. 45
(Jawaban di kunci adalah C).
Penyelesaian menurut saya


See, dari cara di atas, jawaban yang tepat adalah b. 24.
Ketujuh, hal 73 no 5, soal kembali berbahasa Inggris.
Kedelapan, hal 79 jawaban seharusnya C karena sistem pesawat sederhana yang digunakan untuk menaikkan peti ke atas truk dengan papan adalah sistem pesawat sederhana bidang miring. Dari keempat pilihan, yang termasuk bidang miring adalah tangga.
Terakhir, ini mungkin hanya masalah typo. Kembali ke halaman iv, bab 17 disana tertulis vii padahal seharusnya xvii.
Meskipun ada beberapa kekeliruan dalam buku ini, saya tetap merekomendasikan kok bagi para pelajar yang ingin menggunakan Smartdiary Fisika sebagai buku penunjang pelajaran karena sepengalaman saya, bahkan buku Detik-Detik Persiapan UN pun juga tak luput dari kesalahan baik berupa typo ataupun kesalahan kunci jawaban.

Rating
Cover            : 6,5 of 7
Content         : 5 of 7


1 komentar:

 
Images by Freepik