Pages

Minggu, 31 Agustus 2014

STPC GagasMedia Award



Well, kayaknya saya cukup ketinggalan mengingat baru libur lebaran kemarin saya sempat beli novel seri STPC itu pun hanya yang diterbitkan oleh GagasMedia. Berhubung itu novel punya keunikan tersendiri dibandingkan novel-novel biasanya, saya jadi kefikiran untuk bikin award versi saya sendiri yang kategorinya mengacu pada something different yang terdapat di novel seri STPC. Tetapi, ada juga beberapa kategori yang sudah umum seperti tokoh favorit, cerita terbaik, dan tentu saja novel terbaik. Mengingat saya belum baca semua novelnya, maka para pemenang belum akan saya umumkan sekarang tetapi saya akan menjelaskan sedikit mengenai kategori-kategori yang terdapat dalam award ini. Here they are!

1.     The Best Cover
Sebenarnya konsep cover STPC series terbitan GagasMedia ini bisa dibilang punya pakem yang seragam yaitu kesederhanaan. Aksen yang digunakan sebagai penanda lokasi yang tengah diangkat tidak digambarkan dengan bangunan terkenal yang ada di tempat tersebut (kecuali Monte Carlo), tetapi hanya berupa a special little thing yang menjurus ke negara/kota yang dimaksud, contohnya crown di sampul London yang khas Inggris sekali. Walau punya konsep yang nyaris seragam, ada hal-hal tertentu yang membuat sampul yang ‘ini’ lebih menarik dari sampul yang lainnya misalnya dari segi warna, font tulisan yang dipakai, aksen, tata letak, dan lain-lain.

2.       The Nicest Postcard
Postcard jadi kenang-kenangan yang amat berkesan dari seri Setiap Tempat Punya Cerita ini, dan sudah selayaknya hal tersebut juga ikut dimasukkan dalam list kategori STPC GagasMedia Awards. Untuk postcard, penilaian saya hanya berdasarkan gambar yang terlihat paling bagus.

3.       The Best Content/ Story Plot
Kategori satu ini sengaja saya buat tersendiri karena saya merasa ada beberapa novel yang konsep a teluar biasa (tema utama) namun eksekusi yang dilakukan penulis kurang sebanding dengan ide yang sudah outstanding tersebut. Penyebabnya bisa karena gaya penulisan yang masih kaku, kurangnya riset, banyaknya plothole, dan lain sebagainya.

4.       The Best Writing
Kategori ini tentu saja mengacu pada gaya penulisan yang aspek penilaiannya saya tentukan dari diksi yang dipakai, alur yang rapi, kelogisan cerita, termasuk kemampuan penulis dalam mengembangkan karakter-karakternya. Yang jelas, kategori ini menyorot pada teknik-teknik kepenulisan.

5.       The Most Fascinating Writing
Masih menitikberatkan pada gaya penulisan, namun kategori ‘The Most Fascinating Writing’ lebih mengacu pada gaya ‘unik’ yang dibawa oleh si penulis (meskipun alur tidak terlalu rapi, diksi biasa saja dan sebagainya), sehingga pembaca merasa nyaman bahkan terlena dengan bacaan itu.

6.       The Best Content Illustration
Perbedaan lain yang cukup mendasar antara serial STPC dengan novel adult/young adult romance lainnya adalah adanya ilustrasi yang disertakan di antara lembaran isi buku. Selama ini, kita tahu ilustrasi hanya digunakan untuk melengkapi buku cerita anak-anak, namun STPC juga menyisipkan gambar pemanis tersebut. Ilustrasi tentu saja dinilai dari bagus/menariknya gambar ilustrasi tersebut dan apakah ia cukup resresentatif terhadap isi novel.

7.       The Most Favorite Male Character
Saya rasa kategori ini sudah amat jelas.

8.       The Most Favorite Female Character
Dan juga yang ini.

9.       The Best/Most Favorite Character
Kategori ke sembilan ini tentu saja nominatornya berasal dari pemenang kategori no 7 dan 8.

10.   The Most Fascinating Character
Ada beberapa karakter yang amat menarik dan unik di dalam serial STPC. Dan ‘The Most Fascinating Character’ tidak perlu menjadi favorit untuk mengundang perhatian.

11.   The Best Place Description
Deskripsi terbaik tidak melulu dilihat dari seberapa detail, lengkap, dan jelasnya si penulis menggambarkan kota yang tengah ia angkat (yang kemungkinan besar hanya berasal dari riset). Tetapi deskripsi terbaik menurut saya adalah yang dituliskan tidak seperti tengah membuat descriptive text seperti di brosur pariwisata. Deskripsi terbaik adalah kemampuan penulis menggambarkan lokasi tersebut secara natural, mengalir, bersahabat, dan hidup.

12.   The Best Blurb
Blurb sendiri adalah cuplikan isi buku yang terletak di sampul belakang. Blurb terbaik tentu saja yang bisa merepresentasikan isi buku namun tidak terkesan spoiler. Dan yang paling penting, dapat menarik pembaca.

13.   Goodreads Highest Rating of STPC
Sebagai situs acuan rekomendasi buku-buku sedunia, saya merasa Goodreads juga harus dilibatkan dalam kategori award ini mengingat pembaca yang melakukan penilaian di Goodreads juga tidak sedikit dan sample tersebut cukup representatif untuk memberikan penilaian terhadap sebuah buku.

14.   The Sweetest Couple
‘The Sweetest Couple’ tidak melulu merujuk pada sepasang kekasih, namun kali ini saya mendefinisikan secara lebih luas yaitu bisa berupa hubungan orangtua-anak, teman, juga adik-kakak.

15.   The Most Wanted Place of STPC to Visit
Oleh-oleh yang biasanya ditinggalkan setelah membaca novel bertema perjalanan adalah keinginan yang membuncah untuk ikut menjelajah ke tempat tersebut. Kategori ini diberikan kepada novel STPC yang paling mampu membuat saya ‘ngiler’ untuk menginjakkan kaki ke lokasi yang tengah diangkat di dalam cerita.

16.   BEST OF THE BEST
Kategori TERBAIK TERBAIK absolutely dianugerahkan kepada novel terbaik dari seri ini yang tidak hanya dipandang ‘nyaris sempurna’ dari semua sisi, tetapi yang terpenting dapat meninggalkan kesan yang mendalam bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Images by Freepik