Pages

Selasa, 12 Agustus 2014

Pernah nyesal nggak sih waktu beli buku?



            Pernah nyesal nggak sih waktu beli buku?
            Well, kalau saya pribadi sih jarang. Kalaupun ceritanya nggak menarik, nggak seru, ngebosenin, rasanya saya cuma mencak-mencak dikit tapi nggak pernah sampai berbuah rutukan ‘sial! Kebuang percuma nih duit!’. Nah, kecuali kalau ketemu sama problem seperti yang akan saya ceritain berikut ini.
            Beberapa waktu lalu, kebetulan nih saya lagi beduit gegara dana penelitian mahasiswa udah cair setengahnya, saya memutuskan untuk nambah koleksi novel. Yang namanya tukang review, udah pasti ada sederet panjang waiting list novel-novel yang pengen dibaca, tapi entah kenapa saat itu saya kefikiran buat beli novel STPC Gagasmedia full series. Dan, tanpa fikir panjang, berkuranglah duit di atm sekitar 500 ribu lebih. (ceritanya beli lewat OL nih!)
            Beberapa hari kemudian, waktu tuh novel-novel udah datang, tanpa tedeng aling-aling, langsung aja saya embat si Paris dalam waktu semalam. Besokannya Roma udah mejeng di depan mata, dan dengan waktu yang sedikit lebih lama dari Paris, novel bersampul jingga agak dekil-dekil gimana gitu itupun tandas dibaca. Nah, entah kenapa waktu mau ngelanjutin baca Bangkok, saya malah tertarik mungutin semua kartu pos yang disisipin di belakang cover depan. Ceritanya mau bikin ranking kartu pos terbaik dari sembilan seri STPC Gagasmedia yang saya punya (yup! Artikel tentang ini akan saya posting kalau semua seri udah saya baca dan review). Nah, waktu ngambil kartu-kartu pos itu, saya perhatiin kok binding antara bagian dalam cover depan dengan halaman judul itu lepas semua ya. Maka mulailah saya check satu-satu bagian dalam masing-masing sisi cover muka dan belakang. Kebetulan waktu meriksa si Melbourne, saya agak aneh ngeliat halaman terakhir yang ceritanya kok rada gantung. Dan biasanya, setelah cerita berakhir, pasti ada lembar pemberitahuan dari Gagas tentang pengembalian novel kalau ada cacat produksi segala macam. Karena penasaran, saya lihat aja lembar identitas novel di halaman-halaman depan itu dan saya kaget, ternyata tebal novel 328 halaman sementara punya saya cuma 312. Mulailah saya balik-balik di halaman-halaman akhir itu, siapa tahu Cuma nomor halamannya aja yang bermasalah. But, nomornya berurutan kok dan masalahnya ternyata memang novel saya kekurangan 328 halaman.
            Panik? Jelas iya karena saya kan ceritanya pengen baca STPC ini berurutan. Dan saya sih udah tahu apa yang harus saya lakuin kalau nemu problem kayak gini karena menurut lembar retur Gagasmedia ada 3 hal yang bisa dilakuin kalau lagi apes dapat novel yang cacat produksi.
1.      Kirim balik ke distributor resmi Gagas dengan struk pembayaran.
2.      Tuker ke toko buku tempat novel tersebut dibeli juga beserta dengan struk pembayaran.
3.      Paketin ke Gagas tanpa struk ntar diganti yang baru.
Nah, masalahnya, saya kan beli OL di Facebook nih dan nggak ada struk pembayarannya. Poin pertama jelas nggak bisa dilakuin dong ya, dan harapan saya ada pada Olshop tempat novel itu berasal. Siapa tahu Olshop mau kirimin yang baru. Unfortunately, Olshop malah nyaranin saya tanya ke Gagas mengenai cara retur novel ini dan itu artinya, Olshop tersebut juga nggak punya solusi buat masalah saya. Saya nggak nyalahin sih berhubung saya juga tahu Olshop itu pun juga nggak bisa seenak jidat minta novel yang bagus ke agen trus kasih ke saya deh. Kan doi bukan tokobuku sekelas Gramedia yang punya jaringan resmi. So, solusi terakhir hanya balikin novel itu ke Gagas terus minta yang baru.
Oke, kayaknya juga semua penerbit menerapkan kebijakan yang sama. Tapi, apa kebijakan tersebut nggak memberatkan konsumen yang udah beli buku? Sukur sukur kalau yang beli di sekitaran Jakarta aja, kan bisa diantar langsung atau dikirim dengan ongkir nggak nyampe 10.000. Nah, nasib apes bagi yang tinggal di pelosok kayak saya. Ngirim paket ke Jakarta biayanya udah nyaris sama kayak harga novelnya. Masalah banget kan tuh! Mending kalau biayanya diganti atau kaya penerbit sebelah yang mau berbaik hati memberikan bingkisan lain berupa novel tambahan dengan judul berbeda.
Yah, jadinya, ngerasain juga deh akhirnya rasa penyesalan setelah beli novel. Entahlah keputusan mana yang bakal saya ambil mengenai hal ini, yang jelas saya nggak akan ngebiarin koleksi STPC ini hilang sebiji. Well, saya sih kefikiran buat upload foto bukti tentang kesalahan produksi tersebut (kan jelas banget tuh yang bersanding sama bagian dalam cover belakang bukannya lembar tentang retur tapi malah halaman 312), tetapi jujur aja saya sangsi cara ini bakalan berhasil buat dapetin novel retur tanpa keluar duit sepeser. Hehehe....
Menurut rekan-rekan sekalian (ciah), gimana sih seharusnya kebijakan penerbit mengenai retur novel ini supaya yang udah beli nggak ngerasa rugi dua kali gegara pertama ngerutuk setelah ngedapetin novel abnormal dan kedua keluar duit buat balikin ke penerbit?

Tertanda,
Island Owner yang lagi galau


Nel

2 komentar:

  1. Ga coba lewat pos? Kalo kirim paket kan diitung per gram. Jadinya lebih murah daripada JNE dkk itu. Btw yang tabah ya dapet produk cacat ._.

    BalasHapus
  2. Pos jauh lokasinya dari kosku. Mau pake tiki aja nih lumayan murah. Hehe.. Padahal mau baca novelnya berurutan tapi apalah daya dapat apes.

    BalasHapus

 
Images by Freepik